Ini Cara Aktifkan WhatsApp Dark Mode Baru yang Nyaman untuk Mata

Cara aktifkan WhatsApp Dark Mode (Foto: Shutterstock)

Setelah menguji coba tampilan Dark Mode pada versi beta, WhatsApp akhirnya merilis fitur ini secara penuh pada aplikasi pesannya ini di ponsel berbasis iOS dan Android.

WhatsApp sebenarnya sudah resmi merilis Dark Mode kemarin, namun di Indonesia sendiri fitur ini baru bisa kamu gunakan hari ini.

Penasaran bagaimana cara mengubah tampilan WhatsApp Dark Mode? Yuk, simak caranya berikut ini.

Cara Ubah Tampilan Whatsapp Dark Mode

1. Update Aplikasi WhatsApp

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pembaruan di App Store untuk iPhone atau Google Play Store untuk Android.

Untuk dapat memakai tampilan Dark Mode di iPhone kamu harus meng-update WhatsApp ke versi 2.20.30, sedangkan Android ke versi 2.20.64.

Baca juga: 5 Fitur WhatsApp yang Terabaikan, Tapi Berguna

2. Pengaturan WhatsApp Dark Mode

Setelah melakukan update, kamu bisa langsung membuka aplikasi WhatsApp.

Cara setting WhatsApp Dark Mode (Foto: Imanuel Kristianto)


Sentuh Kebab Menu atau titik tiga di bagian kanan atas >> Pilih Setting >> Pilih Chats.

Nah, di bagian atas kini ada menu baru. Jika dulu hanya ada menu Wallpaper, kini ada menu Theme di atasnya.

Cara setting WhatsApp Dark Mode (Foto: Imanuel Kristianto)


Klik menu Theme tersebut >> Lalu pilih Dark. Voila, WhatsApp Dark Mode kamu sekarang sudah aktif dan tidak akan membuat mata sakit meski dipakai di tempat gelap.

3. Sistem Operasi untuk WhatsApp Dark Mode

Meski dinantikan oleh hampir seluruh penggunanya, sayangnya fitur baru WhatsApp ini tidak dapat dinikmati oleh semua.

Fitur Dark Mode WhatsApp ini bisa dinikmati otomatis oleh ponsel berbasis iOS 13 dan Android 10 yang sudah mengaktifkan dark mode di setting sistem.

Jadi, bagi kamu yang memiliki ponsel di bawah seri iPhone 6s, kamu tak akan bisa menikmati fitur ini karena Apple hanya memberi pembaruan iOS 13 untuk seri iPhone 6s ke atas.

Sementara untuk sistem operasi Android 9 (Pie), kamu bisa mengaktifkan mode ini secara manual di aplikasi WhatsApp seperti langkah di atas.

Baca juga: Aplikasi WhatsApp Akan Tawarkan Layanan Berbayar Lewat Iklan di Halaman Status

Fitur WhatsApp Serupa Instagram dan Facebook

Facebook kini bisa dibilang telah menjelma sebagai raksasa media sosial karena kepemilikan atas tiga platform media, yaitu Facebook sendiri, WhatsApp, dan Instagram.

Jadi, tidak mengherankan jika fitur-fitur pada ketiga aplikasi ini punya kemiripan. WhatsApp Dark Mode ini merupakan fitur terakhir setelah Facebook dan Instagram lebih dulu mempunyainya.

Fitur Stories di WhatsApp juga lebih dulu diperkenalkan di Instagram. Jadi, jika kamu menggunakan tiga platform tersebut kamu tinggal tunggu saja fitur baru di satu aplikasi diterapkan di aplikasi lainnya.

Setelah tahu cara mengubah WhatsApp Dark Mode semoga mata kamu lebih nyaman ya jika membaca pesan di tempat gelap, apalagi dari orang yang tak lagi tanggap.

Posting Komentar

0 Komentar