9 Trik untuk Memaksimalkan Penggunaan WhatsApp Business

Inovasi yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Fitur WhatsApp Business yang menjadi pengembangan dari WhatsApp Messenger secara resmi telah dirilis. Dilansir dari situs resmi WhatsApp, WhatsApp Business merupakan aplikasi yang diunduh secara gratis. Aplikasi ini didesain khusus bagi para penggiat bisnis kecil supaya dapat langsung berinteraksi dengan konsumen. Kabar baiknya, produk ini juga dirilis di Indonesia setelah dirilis langsung di negara asalnya Amerika, disusul Inggris, Meksiko dan Italia.

Fitur yang diberikan oleh WhatsApp Business memang sedikit berbeda daripada WhatsApp pada umumnya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tahu cara memaksimalkan penggunaan WhatsApp Bisnis ini.

1. Integrasi dengan produk

Integrasi dengan produk (Sumber: cm)




Beberapa brand besar seperti maskapai kenamaan Belanda KLM dan perusahaan travel BookMyShow telah mengintegrasikan produk perusahaan ke dalam WhatsApp Business. BookMyShow memungkinkan konsumen untuk mendapatkan status order, konfirmasi tiket, serta masih banyak lagi. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi konsumen karena dapat mengetahui setiap detail transaksi yang dilakukan.

2. Feedback

Feedback (Sumber: soravjain)




Saat mulai membangun bisnis, perlu adanya saran dan kritik dari konsumen untuk menjadikan usaha berinovasi ke arah yang lebih baik. Kamu bisa berkreasi dengan mengembangkan kuesioner agar konsumen dapat memberikan Feedback. Selain itu, dalam WhatsApp Business juga memungkinkan kamu untuk mengadakan jajak pendapat dari konsumen. Saran dan kritik yang datang dari konsumen dapat menjadi kompensasi dengan memberikan kupon untuk memancing intensitas mereka agar berinteraksi lagi di kemudian hari.

3. Quick Replies

Quick Replies (Sumber: Financial Express)




Mobilitas yang tinggi dalam berbisnis, mau tidak mau memaksa kamu untuk selalu cepat dalam menanggapi pesan dari konsumen. Oleh karena itu, dalam WhatsApp Business juga menyediakan fitur Quick Replies. Fitur ini memungkinkan kamu untuk dapat membuat jawaban cepat yang sudah diatur dengan kata kunci tertentu. Dengan cara ini, kamu dapat menghemat waktu karena tidak perlu mengetik satu atau dua kalimat penuh dari awal. Caranya mudah, hanya dengan membuka Settings > Business Settings > Quick Replies.

4. Gunakan Broadcast

Gunakan Broadcast (Sumber: vanndigit)




Adanya Broadcast dalam WhatsApp merupakan salah satu media yang paling umum digunakan untuk menawarkan produk, harga paket, hingga adanya promo terbaru. Ternyata tidak hanya dalam WhatsApp saja, dalam WhatsApp Business juga masih terdapat fitur ini yang memudahkan kamu untuk memaksimalkan angka penjualan.

Baca Juga : Ini Kegunaan Fitur ‘Request Account Info’ di WhatsApp

5. Adanya Greeting Message

Adanya Greeting Message (Sumber: digicular)




Memanfaatkan fitur Greeting Message dapat membantu kamu dalam mengelola bisnis untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini akan secara otomatis terkirim kepada konsumen yang pernah menghubungi bisnis kamu setelah 14 hari tanpa komunikasi. Caranya mudah, kamu tinggal buka menu Settings > Business Settings > Greeting Message.

6. Tetap bisa mengaktifkan keamanan dua langkah

Tetap bisa mengaktifkan keamanan dua langkah (Sumber: Android Police)




Demi keamanan data bisnis kamu, ada baiknya tidak lalai dengan mengaktifkan keamanan dua langkah. Hal ini sebagai langkah antisipatif menjaga pesan-pesan dalam akun WhatsApp Business kamu tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : 9 Perbedaan WhatsApp Business Dibandingkan WhatsApp Biasa

7. Sifatnya Real-Time

Sifatnya Real-Time (Sumber: cloudpro)




Layanan kepada konsumen yang bersifat real-time merupakan sebuah bentuk investasi yang cukup mahal. Hal ini biasanya diterapkan dalam perusahaan-perusahaan skala besar. Hal ini karena pelaku bisnis harus memiliki pekerja yang siap untuk standby kapan saja untuk menjawab pertanyaan dari konsumen seputar informasi produk. Dengan adanya WhatsApp Business, kamu tidak perlu pusing lagi merekrut banyak pekerja karena aplikasi ini dapat melakukan hal tersebut dengan mudah tanpa butuh biaya banyak. Dengan kemampuan terdapat dalam WhatsApp Business menjadikan kamu untuk dapat mengirimkan berbagai konten seperti pesan suara, foto, hingga video. Hal ini tentu saja menjadikan layanan bagi para konsumen bersifat lebih up-to-date dan personal.

8. Sesekali tidak ada salahnya mengadakan flash sale!

Sesekali tidak ada salahnya mengadakan Flash Sale (Sumber: womensecret)




Adanya fasilitas untuk menyematkan foto dan lokasi, membuat konsumen yang berada dalam kontak dapat mengetahui kapan saja waktu sale sedang berlangsung. Promosi ini bisa saja berupa flash sale atau special price pada hari libur tertentu.

Baca Juga : 5 Trik Rahasia untuk Personalisasi WhatsApp agar Sesuai dengan Selera Kamu

9. Membagikan kode promo hingga give away

Membagikan kode promo hingga give away (Sumber: Tech Crunch )




Fitur status yang terdapat dalam WhatsApp Bisnis dapat kamu maksimalkan dengan membagikan kode promosi kepada konsumen. Kode promo ini dapat digunakan oleh para konsumen untuk membeli produk yang ada di situs web milikmu dengan beragam potongan harga hingga penawaran menarik. Bahkan kamu juga bisa lho mengadakan give away bagi pelanggan setia melalui fitur status.

Jumlah pengguna aktif WhatsApp masih menjadi juara. Dengan cakupan yang begitu luas bukan tidak mungkin dengan menggunakan WhatsApp kamu semakin mengembangkan pasaran bisnismu ke pasaran yang lebih luas lagi. Hal inilah yang membuat kamu wajib mengetahui cara untuk memaksimalkan penggunaan WhatsApp bisnismu agar tidak sia-sia saat menggunakannya. Semoga sukses!

Posting Komentar

0 Komentar